Senin, 05 Agustus 2013

Nastar Klasik




Membuat kue kering membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Diantara sekian banyak kue kering nastar merupakan salah satu kue kering yang selalu hadir di setiap  lebaran atau natal, walaupun banyak muncul  variasi kue kering hasil kreatifitas dan modifikasi. sebelumnya terasa berat untuk mecoba membuat kue kering yang satu ini karena proses membentuknya sat persatu. Tapi setelah menemukan cara yang enak dan mudah membuat nastar jadi terasa menyenangkan. Yuk buat ternyata gak susah kok. Ini aku bagikan tips membuatnya ala pemula tapi dengan hasil yang memuaskan.

Tips mudah membuat Nastar
1. Gunakan nanas Palembang, karena tidak terlalu berair dibanding nanas subang
2. masak nanas sampai kering.parut nanas dan masak sampai airnya habis baru masukkan gula, supaya gula tidak terlalu ter-karamelisasi terlalu lama yang bisa menimbulkan rasa pahit. masak sampai kering dan berubah warna menjadi agak coklat gelap.
3. Pastikan selai sudah benar2 kering.Lebih baik lagi simpan setelah dingin simpan dalam kulkas supaya selai lebih set
4.Jangan pernah menggunakan selai yang masih hangat atau baru dimasak.bisa merusak adonan kulit
5. kocok/aduk adonan kulit nastar sebentar asal mencampur saja.Jangan lama2 supaya tidak beleber saat dipanggang. dan gunakan speed rendah sekitar 1-2 menit
6. Jika menggunakan butter, diamkan butter pada suhu ruang dahulu baru digunakan supaya saat dikocok/diaduk tidak memerlukan waktu terlalu lama karena butternya yang masih keras.
7.jangan terlalu banyak mengaduk saat mencampur tepung
8.Panggang dengan suhu rendah sekitar 150-170 derajat celicius tergantung oven masing-masing supaya nastar tidak retak.
9.Untuk mendapatkan hasil olesan yang cantik, panggang nastar 1/2 matang baru kemudian dioles

Tips membentuk Nastar yang cepat dan mudah

Hal yang paling membuat lelah dari nastar adalah saat harus membulatkan adonan satu persatu. Supaya pekerjaan ini menjadi mudah,  ikutin langkah berikut:
1. letakkan selembar plastik di atas bidang datar.taburkan tips tepung,  letakan adonan ku;lit nastar. tutup kembali dengan plasttik baru kemudian digiling pelan sampai rata. tujuannya memakai plastik suapaya adonan kulit tidak menempel di gilingan atau meja kerja sehingga meminimalkan menabur tepung.
2. potong adonan kulit dengan cutter bulat.
3. letakan selai yang telah dibulat-bulatkan, .kalau mau cepat bisa juga dengan cara masukkan selai ke dalam piping bag
4.angkat adonan dengan bantuan spatula tipis, pulung bulat. usahakan tangan memakai plastik saat memulung supaya adonan tidak terlalu lama kena panas tangan yang bisa menyebabkan adonan kering


Berikut resep Nastar

100 gr margarin
150 gr butter
50 gr gula halus
50 gr susu bubuk
2 kutel
340 gr tepung protein rendah

aduk rata margarin, butter dan gula halus, masukkan kuning telor,terakhir masukkan susu bubuk dan tepung
pipihkan  adonan beri selai, pulung bulat. panggang dengan suhu rendah selama 20 menit. oles dengan bahan olesan, panggang kembali 15 - 20 menit

Selai Nanas

3 buah nanas palembang
150 gr gula
daun pandan
2 buah cengkeh

parut nanas dengan parutan kelapa. masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk sampai airnya set. masukkan gula pasir.masak kembali sambil diaduk sampai selai berubah warna menjadi cok;lat.

Bahan Olesan

(Meinawati - Bebek Saga)
2  kutel
1  sdt madu
2 sdt minyak  goreng
3 sdt air matang
Hasil agak kecoklatan

atau
2 kutel
1/2 sdm skm
hasil kuning agak ke orange

atau
3 /kutel
1/2 sdm cookie glaze
hasil kuning


/






Tidak ada komentar: