Minggu, 06 Oktober 2013

Laminton Cake

Cake ini dibuat memanfaatkan kelapa kering yang tadinya untuk kue kering. Kebetulan ada event chocolate week jadi sekalian deh .
Resep ini aslinya diambil dari  dapur "Sweetest Kitchen" yang menggunakan resep Lamington cake dari majalah Masterchef Australia. Tapi  kalau diliat dari resepnya yang banyak mengunakan gula, maka dapur D"Nice Cake n Cooking, melakukan sedikit perubahan supaya hasilnya tidak terlalu manis. Kue ini menjadi   icon dari Australia di bidang kuliner. Konon kabarnya Lamington cake ini di buat oleh assisten dapur dari gedung Gubenrnur Lamington di Queensland Australia pada tahun 1901. Tapi ada juga cerita kalau kue ini dibuat oleh seorang koki bernama Amy Shauer untuk seorang bernama  Lady lamington. Apapun kisah dibalik kue ini yang pasti kue ini enak karena perpaduan dari cakenya yang  lembut dengan balutan lapisan coklat yang manis dan kelapa keringnya yang gurih.....enak deh.
yuks dicoba

Lamington cake
modif by iyan

4 Telor
125 gram gula castor
125 gram tepung terigu
1 sdt vanila ekstrak
50 gram unsalted butter dilelehkan
200 gram kelapa kering siap pakai

Coklat Icing

25 gram unsalted butter
75 gram susu cair
125 gram gula halus
50 gram bubuk coklat
campur semua bahan, masak dengan cara di tim atau langsung sampai agak mengental. dinginkan


Cara Membuat
Kocok telor dan gula sambil di tim, sampai mengembang. masukkan ayak tepung terigu. masukan vanila ekstrak dan mentega yang telah dilelehkan.oven dengan suhu 190 derajat selama 20 menit (tergantung oven masing2 ya) dalam loyang uk 20 x 20. setelah matang dinginkan. potong kubus dengan ukuran yang sama 4x4x4 atau 5x5x5. celupkan dalam larutan coklat dan taburi dengan kelapa kering siap pakai




Tidak ada komentar: