Kamis, 17 Mei 2012

Red Velvet Cake





Pagi2 kemarin di salah satu acara tv swasta aku nonton pak Yongki Gunawan membuat Macaroon dan RVC.  Jadi ingat dulu sebelum RVC booming seperti sekarang, aku pernah  mencoba mebuat rvc ini dengan menggunakan resep mba Ria,  Tapi  waktu itu tidak berpikir untuk didokumentasikan karena  belum punya blog seperti sekarang dan hanya sekedar coba2 aja........
.Dulu tekstur rvcnya beremah dan kurang moist.(gak tau udah bener apa belum karena sampai sekarang belum pernah coba makan RVC yang dari toko).walaupun teksturnya tidak juga bantat ,
Mungkin  kesalahannya aku dulu pada proses pembuatan buttermilk,pencampuran  larutan soda kue dan  air jeruk ke dalam adonan yang belum pas dan pemakaian loyang .(aku bandel hanya menggunakan satu loyang untuk satu resep padahal petunjuknya dibagi 3 .....hihihi  sok tau ya aku)     .Maka  kemarin aku coba buat lagi tetap dengan menggunakan resep mba Ria (aku masih penasaran untuk bisa menaklukan rvc dengan bit,bukan dengan pewarna.....walaupun hasilnya memang tidak merah  menyala seperti kalau memakai full pewarna makanan).Mau coba buat pakai resep pak yongki gak bisa  karena   setelah ditunggu2 ternyata pak Yongki sudah menyiapkan RVC yang sudah jadi.........rada kecewa juga sich..
Pertama aku membuat buttermilk dengan mengikuti saran temen2 dari milis NCC aku  menggunakan susu yang dipanaskan kemudian baru dimasukkan air jeruk,Sementara dulu langsung campur aja karena masih  belum paham Setelah baca baca sini  baru dech mengerti salahnya kenapa dulu buttermilkku gak mau kental
.
Untuk pemanggangan  karena hanya punya 2 loyang ukuran 22, dan oven yang hanya mampu memuat satu loyang (aku menggunakan oven listrik kapasitas loyang ukuran 30x 30 ...jadi terpaksa 2 kali panggang.Sesuai saran mba Ria di blognya,resep yang kugunakan hanya 2/3 resep dan kubagi jadi 2 dengan berat kurang lebih untuk satu loyang 510 gr  .Supaya kue bisa mengembang dan tidak bantat , setelah adonan dibagi 2 penggunaan campuran soda kue dibagi 2 dari 2/3 resep.Setiap 1/2 bagian dicampur saat adonan akan  masuk oven. (jadi adonan yang sedang antri jangan dikasih soda kue dulu).bingung gak? mudah2an gak tambah bingung........
Terbukti cara ini berhasil.......rvc mengembang dengan baik.Tapi ada satu hal waktu membuat, ada sedikit kelebihan untuk pemakaian telor. Aku menggunakan semua telor dalam resep padahal harusnya semua bahan hanya 2/3 resep aja ......tapi alhamdullilah tidak berpengaruh terhadap kuenya.
Sedangkan buah bitnya agak sedikit melenceng dari resep ...aku rebus dan kemudian kublender halus dan kumasukkan semua tanpa disaring.....(sayang kalau ada yang kebuang)....hehehe....belum sukses udah ngenyel ama resep ya......oh ya untuk taburan atasnya jangan salah ya itu bukan keju parut tapi white cooking chocolate yang kuserut.......orang rumah tidak begitu suka dengan keju.
Akhirnya trala................RVC ku sukses .terbukti bersamaan buat rvc ini aku juga buat rainbow cake....tapi rvc ini yang duluan habis.

Tidak ada komentar: